Saturday, April 7, 2012

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional


Haaaay! Bagaimana kabar kalian semuaaaa? *basi-basi*

Sekarang gua akan share-ing tips menghadapi Ujian Nasional. Karna gua sekarang sedang duduk di kelas 3 Sekolah Menengah Pertama, maka sebentar lagi gua akan melaksanakan Ujian Nasianal. Ya! UJIAN NASIONAL. Ibarat dengan pendaki yang sedang menaiki gunung untuk menggapai kemenangan. Ujian Nasional adalah puncak yang lagi gua tunggu-tunggu dan gua sedang berusaha gapai untuk meraih sukses.


  1. Belajar Latihan Contoh-Contoh Soal
Nah, emang sih kegiatan yang satu ini sangat malas untuk dikerjakan. Tapi katanya mau sukses Ujian Nasional? Mau gamau kita emang harus sering-sering latihan soal-soal Ujian Nasional. Gausah banyak-banyak kita kerjain soal-soalnya. Cukup minimal 4 soal tiap mata pelajaran dikerjakan secara rutin tiap harinya. Soal-soal Ujian Nasional bisa kita browsing di internet, atau biasanya untuk soal Ujian Nasional tahun sebelumnya akan dibagikan dan di bahas oleh guru masing-masing di sekolah.


Ingat! Jangan belajar 1 hari sebelum Ujian Nasional berlangsung atau biasa disebut SKS (Sistem Kebut Semalam) belajar dari 1-2 bulan sebelumnya. Pasti juga akan kewalahan kalau kita belajar 1 hari sebelum Ujian Nasional berlangsung.


  2.  Mengikuti Tryout

Ikut tryout, hal ini bisa melatih mental kita dan kita bisa tahu siapa siapa saja saingan kita, Hal ini berguna banget buat menyiapkan diri waktu ujian berlangsung, Tapi diusahakan untuk tidak menyontek. Gua sih sering nyoba pas tryout buat nggak nanya ketemen, tapi sumpah kalo udah mentok akhirnya gua nanya ketemen. Tapi sebaiknya jangan tiru gua ya haha. Kerjakan sendiri saja semampu kalian apapun hasilnya ini untuk mengukur kemampuan sendiri.

3.  Refreshing & Olahraga

Jangan lupa refreshing buat penyegaran otak biar tidak stres tapi jangan keterusan, usahakan refreshing ke tempat rekreasi alam bisa bersama teman atau keluarga jangan malah cuma ngenet atau maen game di rumah. Serta, jangan lupa olahraga biar tidak gampang sakit, Apabila rohani sudah terpenuhi maka jasmani juga harus dijaga. Jasad, fisik harus dijaga.


4.    Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Berdoa dan rajin beribadah penting banget, itu untuk mententramkan hati kita. Percaya atau tidak segala sesuatunya diatur oleh Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu jangan lupa untuk berdoa meminta bimbingan-Nya baik dalam belajar maupun dalam menghadapi Ujian Nasional nanti.



5. Percaya Diri

Jangan takut dan stress menghadapi Ujian Nasional, percaya diri sangatlah penting untuk menghadapi Ujian Nasional. Jangan percaya dengan bocoran Ujian Nasionalkarena belum tentu bocoran Ujian Nasional itu benar. Yegak?haha.

Ini hanya sekedar tips dari gua, guys. Selanjutnya, tinggal kalian sendirilah yang milih. Ingin Lulus Ujian Nasional dengan sukses dan nilai terbaik atau Lulus dengan nilai pas-pasan atau bahkan Tidak Lulus? Tentu semua ingin pada pilihan pertama bukan? Yap! Kita berdoa bersama-sama untuk kelangsungan serta kelancaran Ujian Nasional yang sudah didepan mata!

 Makasih ya buat yang udah mau bacaSemoga bermanfaat yaaa Sukses buat kita semuaaaaa! #MuchLove

Indah Levita 

No comments:

Post a Comment